5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Bicara di Depan Umum

5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Bicara di Depan Umum

5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Bicara di Depan Umum 
Pernah melihat orang yang berbicara di depan umum sambil menggerakkan jari atau meneyntuh kacamata tanpa tujuan jelas? Atau hal tersebut pernah Anda alami sendiri? Jika, iya, maka Anda perlu tahu cara meningkatkan rasa percaya diri. Karena, ciri-ciri tersebut menunjukkan sikap kurang pede. Oleh karena itu, simak 5 cara mengatasinya berikut ini.
1. Mengucap Do’a
Cara pertama ini sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan, untuk seorang Muslim ada banyak doa yang bisa diucapkan untuk mempermudah segala urusan. Termasuk di dalamnya doa untuk tampil dan bicara di depan umum.
Doa yang diucapkan Nabi Musa ‘alaihi salam dan tercantum dalam Alquran QS. Thaha: 25-28). Intinya, permohonan kepada Allah untuk dilapangkan dada, dimudahkan dalam segala urusan, serta dilepaskan dari kekakuan lidah (lancar berbicara) sehingga orang-orang bisa mengerti dengan perkataan kita.
2. Melempar Senyum
Meski terlihat sepele, cara ini cukup ampuh untuk mencairkan ketegangan Anda. Senyuman ramah dan tulus identik dengan perasaan positif, baik untuk diri sendiri, maupunn untuk orang lain yang melihatnya.
Senyuman juga memiliki peran yang sama seperti memakan cokelat, yaitu bisa memicu pelepasan hormon endorphin. Hormon ini berperan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, sehingga Anda merasa lebih nyaman, rileks, dan lebih percaya diri.
3. Berpikiran Positif
Cara ketiga ini berhubungan dengan mind set Anda terhadap diri sendiri dan orang lain. Yakinkan diri Anda bahwa Anda memiliki kompetensi untuk tampil di depan umum dan informasi yang akan disampaikan bisa memberi manfaat bagi pendengar/audience.
Selain itu, hilangkan standar penilaian audience yang dianggap negatif. Lagipula, mereka bukan haters yang datang untuk mencari kekurangan dan kesalahan Anda. tapi, khusus mendengar apa yang ingin Anda sampaikan di hadapan mereka. 
4. Berlatih, Berlatih, dan Berlatih
Pembicara ulung seperti motivator tidak lahir dalam waktu singkat. Jika Anda mengharapkan spontanitas untuk memperoleh kemampuan ini, maka Anda keliru. Motivator pun berlatih berkali-kali, bukan hanya sekali dua kali. Beberapa motivator bahkan mengatakan bahwa mereka melakukan latihan minimal 7 kali sebelum tampil di depan audience-nya.
5. Berpenampilan Rapi
Tidak harus modis dan menggunakan fashion terkini dan mahal, Anda bisa memperoleh kesan rapi dari pakaian formal. Setrika pakaian Anda dengan rapi dan hindari penggunaan parfum berlebih. Cukup menggunakan pengharum pakaian saat proses pencuciannya.
Hindari pula menggunakan make up terlalu tebal. Cukup dengan membuat wajah Anda terlihat ceria dan tidak pucat. Berbicara erat kaitannya dengan mulut. Sebaiknya, Anda pastikan tidak ada sisa makanan di sela-sela gigi dengan bercermin.

Cara meningkatkan rasa percaya diri lainnya bisa Anda temukan sendiri dari pengalaman berbicara dan tampil di depan umum. Sebaiknya, imbangi kompetensi berbicara Anda dengan banyak membaca buku pengetahuan. Terutama yang berkaitan dengan materi yang ingin Anda sampaikan. Dengan begitu, Anda bukan ‘tong kosong nyaring bunyinya’.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Bicara di Depan Umum"

Posting Komentar